Selain dimakan langsung, buah-buahan juga enak untuk dibuat jus. Dengan membuat jus malah kamu bisa mengombinasikan berbagai buah dan mendapatkan beragam manfaat dari beberapa buah. Berikut 10 jus buah nan penuh manfaat:

1. Jus untuk meningkatkan daya ingat

Biar nggak pikun, kamu bisa mengonsumsi jus dengan campuran buah delima, anggur, dan bit. Campurkan dengan sedikit air dan blender sesaat. Jus buah pun siap untuk dikonsumsi.

2. Jus untuk mengurangi stres

Terkadang beban pekerjaan di kantor begitu berat dan bisa bikin stres. Untuk meredakan stres, kamu bisa meminum jus campuran buah pir, pisang, dan stroberi. Insya Allah kamu akan jadi lebih rileks dan segar.

3. Jus untuk flu

Kalau sakit flu emang nggak enak banget ya, karena bisa mengganggu aktivitas. Nah, untuk membantu meredakan flu, buatlah jus campuran nanas, wortel, jahe, dan bawang putih. Dengan tambahan jahe dan bawang putih akan bisa membantu melegakan pernafasan kamu.

4. Jus untuk mengatasi sembelit

Kalau kamu mengalami sembelit itu tandanya kamu kurang serat. Jus wortel dan seledri bisa dikonsumsi untuk mengatasi susah air besar. Dengan kandungan serat yang ada di campuran wortel dan seledri bisa membuat sembelit teratasi.

5. Jus penambah darah

Merasa lesu, lemas dan kurang bergairah? Itu berarti kamu kekurangan asam folat dan zat besi, sehingga mengalami anemia (kurang darah). Nah, agar lebih segar, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan seperti anggur, mangga, melon, alpukat, jeruk bali dan bayam. Jika ingin membuatnya dalam bentuk jus juga bisa. Potong-potong anggur, mangga, dan melon masing-masing 50 gram. Masukkn ke blender dan tambahkan sedikt air dan gula sesuai selera. Blender untuk sesaat dan jus segar pun siap dikonsumsi.

6. Jus penurun demam

Bila si kecil sakit demam, berikan pula jus buah untuk membantu penyembuhannya. Untuk menurunkan panas, bunda bisa memberikan jus semangka jeruk. Potong-potong semangka dalam potongan kecil, lalu untuk jeruknya pilih yang manis. Jangan lupa buang biji jeruknya, ya.. Setelah itu langsung masukkan ke blender dan tambahkan sedikit air. Blender selama beberapa saat dan jus semangka jeruk pun siap untuk dihidangkan.

7. Jus untuk meningkatkan kecerdasan anak

Guna membantu anak dalam belajar, ibu juga bisa memberikan tambahan gizi melalui jus buah. Campurkan mangga dan jeruk untuk dibuat menjadi jus. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk dan mangga berguna sebagai antioksidan jaringan otak. Sebagai tambahan, bunda juga bisa memasukkan 15 gram coklat hitam ke dalam blender.

8. Jus detoksifikasi secara alami

Untuk mengeluarkan racun dalam tubuh bisa dilakukan secara alami dengan rutin meminum jus buah. Coba campurkan buah apel dan ceri bersama untuk dibuat jus. Kombinasi dua buah tersebut tidak hanya untuk detoks, tapi juga dapat memperkuat tulang dan melawan penuaan, loh.

9. Jus untuk diet

Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, jangan cuma olahraga saja. Tapi, perhatikan pula asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu asupan yang bisa membantu diet kamu adalah jus lemon dan pepaya. Campurkan saja air lemon dan pepaya ke dalam blender. Jus lemon pepaya pun siap langsung diminum.

10. Jus untuk menurunkan kolesterol

Kalau udah enak makan daging, jangan lupa perhatikan angka kolesterol kamu. Nah, supaya kolesterol di badan tetap terkendali, kamu bisa membuat jus buah yang terdiri dari belimbing, rambutan, dan jambu biji. Sebelum masuk blender, buang dulu biji rambutan dan jambu biji, setelah itu potong kecil-kecil agar lebih mudah diolah. Masukkan semua bahan buah ke dalam blender dan tambahkan sedikit air. Setela diblender beberapa saat, jus belimbing rambutan jambu biji siap diminum.

Advertisements