Lima Tips Mencuci Alat Makan yang Benar

Dalam dunia kuliner, kebersihan makanan dan peralatannya menjadi salah satu faktor penting yang patut diperhatikan. Males juga kan kalau makan dengan alat makan yang kotor dan nggak higienis. Yang ada malah jadi bisa bikin ilfil buat makan. Makanya, peralatan makan dan masak perlu dijaga kebersihannya setiap saat.

Terus, bagaimana cara mencuci alat masak dan makan yang baik? Nah, ada beberapa prinsip dasar dan teknik yang perlu kamu ketahui saat ingin mencuci peralatan masak dan makan, sehingga memberikan hasil akhir pencucian alat yang bersih. Berikut kami bagi beberapa tipsnya:

1. Pisahkan dan buang sisa makanan dan kotoran yang terdapat pada peralatan yang akan dicuci, seperti sisa makanan di atas piring, sendok, panci dan lainnya.

2. Guyur peralatan masak dan makan dengan air agar bersih dari noda sisa makanan dan kotoran. Jika menemukan noda kotoran yang membandel, lakukan perendaman untuk memberi kesempatan peresapan air ke dalam sisa makanan yang menempel atau mengeras. Hal ini dilakukan agar kotoran terlepas dari peralatan sehingga lebih mudah dibersihkan. Waktu perendaman ini tergantung pada kondisi peralatan, biasanya minimal antara 30-60 menit. Perendaman dengan air panas tentu akan lebih cepat daripada air dingin.

3. Cuci peralatan dengan cara menggosok dan melarutkan sisa makanan dengan alat seperti spons, sabut, abu gosok atau sabun cuci piring. Pada tahap penggosokan ini perlu diperhatikan dengan cermat sejumlah bagian-bagian peralatan, sehingga dihasilkan pencucian peralatan yang bersih. Diantara sejumlah bagian peralatan yang perlu diperhatikan saat mencuci adalah permukaan tempat makanan, bagian peralatan yang terkena kontak dengan tubuh seperti bibir gelas atau ujung sendok, dan bagian peralatan yang tidak rata, bergerigi dan berpori.

4. Setelah menggosok peralatan yang dicuci saatnya membilas peralatan sampai bersih dengan air. Di tahap ini, penggunaan air harus banyak dan terus mengalir. Tekanan air juga harus cukup sehingga dapat melarutkan sisa kotoran atau bahan pencuci. Bilaslah peralatan dengan cara menggosok memakai tangan atau sampai terasa kesat (tidak licin).

5. Tahap terakhir dari pencucian alat masak dan makan adalah dengan mengeringkannya menggunakan handuk. Tujuannya menghilangkan sisa-sisa kotoran yang mungkin masih menempel akibat proses pencucian. Nah, saat mengeringkan dengan handuk ini pastikan handuk yang digunakan steril dan sering diganti, ya. Jika merasa terlalu ribet mengeringkan peralatan makan dengan handuk, kamu juga bisa meniriskan alat masak dan makan sampai kering dengan sendirinya. Tentu langkah ini memerlukan waktu lebih lama dibanding mengeringkan alat masak dan makan memakai handuk.

Nah, itu dia lima tips mencuci alat makan yang bisa kami bagi. Dengan menjaga kebersihan alat masak dan makan, maka kita bisa membantu mencegah terjadinya kontaminasi makanan yang bisa saja terjadi. Yuk, mulai mencuci peralatan masak dan makan kita dengan benar!

Advertisements

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s