Kenali Lima Cara Memilih Ikan nan Segar!

Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang punya kandungan protein cukup tinggi. Bagi tubuh manusia, protein mempunyai fungsi yang sangat penting, diantaranya untuk pertumbuhan serta mengganti dan membangun sel-sel tubuh yang telah rusak. Protein ikan pun mengandung asam amino yang dapat membantu pembentukan sistem kekebalan tubuh.

Mengingat begitu besar manfaat ikan bagi tubuh manusia, maka kamu juga harus tahu bagaimana cara memilih ikan yang baik dan segar alias bermutu terbaik. Dalam memilih ikan ini, kamu bisa menggunakan indra penglihatan, perabaan dan penciuman. Nah, apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih ikan? Berikut tips singkat dan mudah untuk memilih ikan yang segar:

1. Perhatikan warna kulit ikan. Ikan yang segar terlihat memiliki warna kulit yang mengkilat dan jernih. Sisik ikan pun akan tetap melekat kuat pada kulitnya dan mengkilat. Ini berbeda dengan ikan yang busuk, dimana kulit ikannya akan terlihat kusam atau suram dan tidak segar lagi. Sisik juga akan mudah lepas dari badan ikan.

2. Raba permukaan daging ikan di bagian perut dan tekan-tekan secara perlahan. Ciri ikan yang masih segar adalah apabila daging ikan ditekan dengan jari, maka ia akan cepat kembali pada keadaan semula atau kenyal. Itu tandanya ikan belum busuk atau rusak. Sementara, jika ikan sudah busuk, maka daging ikannya akan terasa lembek.

3. Perhatikan bagian insang ikan. Ikan yang berkualitas baik akan memiliki bagian insang yang masih berwarna merah segar dan lembaran insangnya terlihat jelas. Hati-hati jika kamu melihat bagian insang ikan yang kotor, tidak berwarna merah, dan sudah penuh dengan cairan yang melekat. Itu tandanya ikan sudah mulai busuk.

4. Saat memilih ikan, lihat juga bola mata ikan yang dijual di pasar atau supermarket. Dilihat dari bola matanya, ikan yang segar memiliki bola mata yang bening atau jernih, cerah dan segar, serta tidak tenggelam pada rongga matanya. Sementara, ikan yang busuk matanya sudah suram, pucat dan keruh. Apabila bola mata ikan ditekan, maka akan hancur dan tidak muncul kembali.

5. Ketika ingin membeli ikan, gunakan juga indra penciuman kamu, ya. Ikan yang masih segar tentu mempunyai bau yang masih segar pula. Jika kamu mendapati ikan sudah berbau kurang sedap seperti amonia atau belerang, serta berbau basi dan asam, itu berarti ikan tersebut sudah busuk.

Advertisements

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s