Buat ibu hamil nggak boleh makan sembarangan. Ada ketentuan yang sebaiknya diikuti, terutama dalam asupan makanan. Dilansir dari laman Mediskus, untuk ibu hamil muda atau di enam bulan pertama kelahiran sebaiknya memenuhi kebutuhan 2.000 kalori per hari. Namun, selama tiga bulan terakhir kehamilan (trimester ketiga), ibu hamil akan membutuhkan tambahan 200 kalori per hari, sehingga totalnya sekitar 2.200 kalori per hari.

Lalu, bagaimana dengan porsi makanannya? Wanita hamil dianjurkan mengonsumsi 10% kalori dari protein, 35% kalori dari lemak, dan 55% sumber kalori lainnya dari karbohidrat. Disamping itu, makanan ibu hamil juga harus mengandung lebih banyak zat besi, kalsium, vitamin A, B dan C, folat, magnesium, selenium (yang diperlukan untuk kelenjar tiroid) dan seng.

Nah, berikut 10 makanan baik untuk masa kehamilan:

  1. Pisang

Pisang mengandung serat, vitamin C, vitamin B6, asam folat dan potasium, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester pertama karena dapat mengurangi mual yang biasanya dialami ibu hamil muda tiga bulan pertama.

 

  1. Bayam

Sayuran ini mengandung banyak nutrisi seperti serat, mangan, zat besi, vitamin A, B, C dan K, magnesium, kalium, asam folat, dan kalsium. Asam folat yang memadai diperlukan pada awal kehamilan untuk mencegah cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang).

 

  1. Kacang-kacangan

Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi ibu hamil. Sumber protein dan serat ini akan membantu mengatasi sembelit selama masa kehamilan. Salah satu jenis kacang-kacangan yang disarankan dikonsumsi ibu hamil adalah kacang hijau.

 

  1. Telur

Telur menjadi sumber protein yang baik bagi ibu hamil. Makanan ini bergizi bagi ibu hamil karena kuning telur mengandung kolin, nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam perkembangan otak bayi (janin). 

 

  1. Alpukat

Ibu hamil disarankan mengonsumsi alpukat, karena alpukat adalah sumber serat, vitamin K, asam folat, vitamin C, kalium dan vitamin B6. Diperkaya juga dengan lemak tak jenuh yang sehat, yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Alpukat juga bermanfaat untuk penyerapan nutrisi, serta menurunkan kolesterol dan kadar gula dalam darah.

 

  1. Pepaya

Buah ini penuh dengan vitamin C, asam folat, serat, dan potasium. Pepaya juga merupakan cara alami untuk mengatasi sembelit, yang sering dialami selama kehamilan.

 

  1. Ikan

Ikan mengandung lemak Omega 3 yang sangat bermanfaat bagi perkembangan otak janin. Untuk menghindari bahaya merkuri pada ikan disarankan untuk mengonsumsi ikan air tawar seperti gurame atau lele.

 

  1. Susu, Yogurt, atau produk olahan susu lainnya

Mengonsumsi susu sangat penting bagi ibu hamil. Namun, sebaiknya mengonsumsi susu yang sudah dipasteurisasi sehingga lebih higienis. Ibu hamil juga dapat mengonsumsi berbagai produk olahan susu seperti keju dan yogurt.

 

  1. Sereal

Sereal bisa dimakan ibu hamil guna mengurangi rasa mual dan gangguan nafsu makan di masa awal kehamilan. Sereal gandum sangat cocok untuk sarapan karena banyak mengandung karbohidrat, mineral serta kalsium.

 

  1. Roti Gandum

Jika sedang hamil disarankan untuk juga memakan roti. Jika biasanya kamu makan roti tawar, saat sedang hamil gantilah roti dengan roti gandum. Pada roti gandum ini terdapat karbohidrat, serat, dan zat besi yang juga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dengan memakan setidaknya empat lembar roti gandum dalam sehari sudah bisa memenuhi 20 hingga 35 gram kebutuhan serat harian.

Advertisements